RSS

Teknik membuat Presentasi Yang Efektif

22 Jan

Seringkali kita dipusingkan dengan kegiatan yang namanya ‘Presentasi’. Presentasi sendiri berarti “teknik explain untuk mempersembahkan, dan atau memperlihatkan suatu hasil dari sebuah karya atau sebuah produk dengan cara mengkomunikasikan ide ke banyak orang (audience)”. Banyak orang yang hanya membaca materi saja dan tidak melakukan ‘tatap mata’ ke audience. Adapula yang menghapal dialog (udah kayak akting maen film aja ) dari awal hingga akhir. Namun ada presentasi yang benar-benar dapat mengambil perhatian para audience nya. Biasanya hal ini akan mengakibatkan umpan balik pertanyaan dan komentar dari audience, meskipun kadang justru mlah bersifat offensive. Nah, berikut ada beberapa cara atau teknik untuk membuat presentasi yang efektif yang telah saya kumpulkan (dari hasil penelusuran selama ini).

  1. Untuk meyakinkan pendengar, jangan memilih cara inkonvensional (tidak lazim), tapi sampaikan presentasi yang “berisi” agar bisa difahami oleh pendengar.
  2. Faktor penting dalam presentasi adalah keseluruhan ide yang disampaikan harus dapat difahami oleh pendengar
  3. Pada akhir presentasi, sangat dianjurkan untuk mengulas kembali point-point penting yang dipresentasikan
  4. Pemakaian demonstrasi eksperimen merupakan hal yang menarik.
  5. Siapkan beberapa alternatif yang akan didemonstrasikan pada pendengar.
  6. Perhatikan pengaturan waktu/scheduling dalam menyampaikan presentasi.
  7. Jika presentasi terasa berjalan lambat, anda perlu untuk meringkas materi yang disajikan.
  8. Cek lah projector sebelum melakukan presentasi

P.S: Thanks to http://asnugroho.wordpress.com/

 

Saya juga melampirkan panduan untuk membuat presentasi yang baik dengan menggunakan Microsoft Power Point. Silahkan dibaca. :p

 

Presentasi dengan PowerPoint:

Ukuran huruf dan tipe
1. Gunakan huruf Sans Serif seperti Verdana, Tahoma, dan Helvetica untuk teks dan judul. Cetak tebal lebih disukai.
2. Judul: 32 poin atau lebih besar
3. Sub judul: 30 poin atau lebih besar
4. Teks: 28 poin atau lebih besar
Cetak tebal lebih baik daripada teks standar.
Petunjuk praktis pelukis papan nama: (saat berada pada papan nama atau  diproyeksikan)
· Huruf 1 inci dapat dibaca dari jarak 3 m.
· Huruf 2 inci dari jarak 6 m.
· Huruf 3 dari jarak 9 m.

Kontras Warna
5. Latar belakang harus sederhana, tidak bersifat grafis, dan biasanya harus memiliki satu warna saja, bila mungkin warna pastel muda atau putih bila cetakan warna hitam digunakan. Gradient dua-warna dapat diterima bila salah satu dari kedua warna tersebut adalah putih. Gradient dua-warna juga dapat diterima bila salah satunya bukan warna putih, bila warna- warna tersebut berdekatan pada roda warna (misalnya kuning ber-gradient dengan hijau). Abu-abu harus dihindari, baik pada teks ataupun latar belakang dari presentasi PowerPoint
6. Teks dan latar belakang haruslah sangat kontras. Bila latar belakang berwarna gelap, teksnya harus berwarna sangat terang. Bila latar belakangnya berwarna terang, teksnya harus berwarna sangat gelap. Beberapa kombinasi warna yang baik untuk teks dan latar belakang adalah hitam dan putih, kuning dan ungu, kuning dan biru tua, merah tua dan putih, hijau tua dan putih, biru tua dan putih, hitam dan kuning, dan ungu dan putih.
7. Warna-warna tertentu tidak boleh digunakan bersamaan: Merah dan hijau, merah dan hitam, hijau tua dan hitam, atau biru dan hitam tidak boleh digunakan bersamaan sebagai latar belakang dan teks, atau ciri-ciri grafik. Catatan: Karena buta warna, sekitar 10% dari masyarakat mengalami kesulitan dengan warna merah dan hijau.

8. Bayang-bayang abu-abu tidak boleh digunakan bersamaan, sebagai ciri-ciri grafik, latar belakang, atau teks.

Animasi
9. Ciri-ciri animasi yang dapat diterima mencakup terbang masuk dari kiri, mengintip dari kiri, mesin tik, hilang di kanan dan muncul. Kecuali untuk muncul, ciri-ciri anmasi harus selalu menyajikan teks yang dimulai di kiri, sebagaimana pada gaya membaca yang normal. Karakter-karakter yang berterbangan, elemen-elemen dengan rancangan spiral, atau elemen- elemen yang masuk dari bawah atau kanan harus dihindari kecuali bila hal-hal tersebut digunakan untuk menunjukkan arah gerakan dari suatu elemen. Jangan terlalu banyak menggunakan animasi!
10. Slide harus sederhana, tidak boleh lebih dari tiga blok informasi pada masing-masing slide atau tidak lebih dari tujuh baris informasi secara keseluruhan (hal ini tidak termasuk judul).
11. Hindari menempatkan informasi pada kolom-kolom bila mungkin. Barisan teks sebanyak 28-39 karakter lebih disukai. Bulleted list (urutan titik/poin penanda) merupakan pengecualian.
12. Bila ada buletted list bersisian, teks dari satu urutan harus menggunakan warna yang berbeda atau latar belakangan dengan warna yang berbeda dari teks pada urutan yang lain untuk mencegah kebingungan.
13. Hindari pemisahan kata di akhir baris.
14. Grafik yang digunakan dalam presentasi PowerPoint harus sangat kontras dan sangat jelas. Gambar garis hitam dan putih lebih disukai daripada grafik skala abu-abu. Grafik yang mengandung bidang yang dicetak tebal berwarna terang lebih disukai daripada hitam dan putih. Bidang berpola harus dibatasi, bila mungkin.
15. Bila peta digunakan, warna lebih disukai daripada skala abu-abu. Teks pada peta harus disesuaikan dengan panduan cetak besar.
16. Hindari cetak miring, bila mungkin. Garis bawah, “menandai dengan dua tanda kutip” atau cetak tebal lebih disukai.
17. Bila membuat handout dari PowerPoint, dua slide atau lebih sedikit per halaman lebih disukai. Peserta dapat didorong untuk membuat catatan dalam marjin yang ada bila catatan diperlukan.

P.S: Thanks to http://sebayan9.wordpress.com

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Januari 2012 in Materi Kuliah

 

Tag: ,

2 responses to “Teknik membuat Presentasi Yang Efektif

  1. f.nugroho

    22 Januari 2012 at 1:01 am

    numpang lewat… sedikit menambahkan:
    – untuk pembuatan power point, ingat ini bukan power description, yang ditampilakn adalah poin2 yang sebatas membantu presentasi, jadi bukan copas dari makalah (jika itu berasal dari makalah). power point ini seperti contekan (biasanya ditulis di sesobek kertas atau di telapak tangan) tapi para audience dapat melihat dengan terbuka. lebih diutamakan grafik atau gambar yang membantu presentasi daripada terlalu banyak kalimat yang berpanjang lebar hingga luas.
    -hindari pemakaian clip art yang berlebihan, atau anda akan dijuluki sebagai “clip artist”
    -sebelum melakukan presentasi (khususnya yang belum berpenggalaman atau untuk even tertentu seperti lomba, pendadaran) lakukan gladi bersih terlebih dahulu dengan mengundang teman2 anda sebagai audience yang menilai presentasi anda.
    -jika menggunakan komputer, hindari memperlihatkan “jeroan” komputer anda. maksudnya, ketika akan membuka file dalam komputer anda, jaga agar audience tidak melihat isi komputer anda. trik yang dapat dilakukan adalah mem-freeze projector ketika anda mencari file dalam komputer.
    -disarankan menggunakan komputer sendiri dan anda akrab dengan aplikasi presentasi yang digunakan (power point atau open office atau flash atau lainnya). sehingga ketika ada masalah dalam media presentasi, anda tidak canggung dan dapat menyelesaikan masalah itu.

    lainnya masih banyak lagi, tapi kapan2 lagi ya…
    ^^

     
    • Jufri Conoras

      28 Februari 2012 at 10:43 am

      @f.nugroho: silahkan… trimakasih udah mampir mas, mungkin saya tambahkan lagi mengnai tambahan anda, presentasi yang baik adalah kita tidak menampilkan semua isi dari topik yg kita bahas, karna audience juga akan membaca’y tampa harus kita jelaskan , jd buat apa kita menjelaskan lg untuk karna sudah ter publish di screen, saya sangat setuju bahwa presentasi adalah “contekan” kita pada saat kita sedang menjelaskan suatu pembahasan/konsep dan itu merupakan batasan masalah yg sdh kita plot, jd audiece tetap fokus pada pembahasan ini.. masukan’y sangat bagus Luar Biasa, trimakasih….😉

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: